RSS

Berdagang dengan Allah

Misalkan anda mempunyai bisnis dengan modal 1000. Apakah anda berani memberikan 100nya untuk membangun masjid, atau pesantren atau memberikan kepada fakir miskin dan anak yatim atau anda infakkan dalam kota amal masjid? Pasti sebagian besar dari anda akan berkata… BERANI.

Bagaimana jika pertanyaan itu dibalik. Apakah anda berani memberikan 900nya untuk beramal dan hanya memegang 100 untuk memutar bisnis anda? Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa akan lebih banyak yang berkata… TIDAK BERANI, atau berkata … SAYA SESUAIKAN DENGAN ANGGARAN, atau minimal akan diam saja tidak menjawab.

Alhamdulliah, sekecil apapun harta yang anda nafkahkan, asalkan ikhlas dan hanya ditujukan kepada Allah, insya Allah balasan-Nya jauh berlipat. Sudah jelas dalam Al Qur’an bahwa menafkahkan sebagian harta, membelanjakan atau memberikan pinjaman yang baik kepada Allah Swt sama sekali tidak akan mengurangi apapun dari diri kita. Malah akan semakin bertambah sampai dengan 700 kali lipat *) dan Allah akan mengampuni kita.

Dan itu semua adalah janji Allah kepada kita sebagai umat muslim seperti dalam surat-surat berikut:

Al Baqarah (2) :245. Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Al Baqarah (2) :261. Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Al Hadid (57) :11. Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak,

Sedemikian itu janji Allah kepada kita, sedemikian jelas petunjuk Allah kepada kita, meski sudah membaca beribu kali ayat –ayat itu, namun kita sebagai manusia biasa pastinya tidak luput dari emosi, nafsu dan kedangkalan logika manusia. Sehingga sebagian besar dari kita akan berhitung lebih cermat besaran pinjaman yang baik untuk Allah. Meski Allah sudah jelas-jelas menegaskan bahwa akan melipatgandakan pinjaman itu. Di sinilah iman kita benar-benar diuji.

Dengan ayat-ayat tersebut di atas, saya mendobrak teori yang berlaku umum di hampir semua Negara yakni Time Value of Money (TVoM), Cadangan Devisa Negara, Sinking Fund/Sunk Cost. Tapi untuk kali ini, saya akan membahas 1 teori saja, yakni TVoM.

Teori TVoM, yang menyatakan bahwa nilai uang akan berubah di kemudian hari. Missal 5000 tahun 2006 mungkin bisa untuk membeli beras 1 kg, nasi goreng special yang sering lewat depan rumah, atau beberapa batang rokok kretek dji sam soe. Berdasar teori TVoM, tahun 2007, nilai uang 5000 tadi akan berubah oleh berbagai factor yang terutama adalah inflasi. Sehingga tahun 2007, yang 5000 tadinya bisa mendapatkan beras 1kg, nasi goreng special satu porsi dll, saat 2007 uang 5000 mungkin hanya akan mendapatkan beras 0.5kg, nasi goreng biasa tanpa telur. Yang jelas nilainya berkurang.

Konsep ini tidak sepenuhnya salah, tetapi harus bersama-sama kita robohkan. Mengapa? Karena teori ini sangat mengagungkan materi dan menisbikan Allah. Saya yakin betul, apabila kita beriman kepada Allah, menjalankan apa yang diperintahkan Allah yakni membelanjakan sebagian harta ke jalan Allah, niscaya tidak akan terjadi inflasi dan pastinya tidak akan terjadi perubahan nilai mata uang.

Contoh, rakyat Indonesia saat ini diperkirakan 200jtan. 90%nya adalah umat islam. Katakanlah 20% umat islam adalah orang yang mampu dan layak bersedekah. Berarti kira-kira ada sekitar 36jutaan umat islam yang layak dan ada 144jutaan yang tidak layak. Masing-masing yang layak menyisihkan 1000 per hari. Jadi sehari akan terkumpul 36M. Satu bulan akan terkumpul 1,08T. Dan setahun akan terkumpul 12,96T. 12,96T kalau dibagi 144juta umat pastilah tidak cukup. Tetapi dengan 12,96T, berapa banyak bisnis yang bisa kita kembangkan, berapa banyak umat islam yang kemudian memiliki penghasilan, berapa banyak masjid yang akan dimakmurkan, dan berapa banyak lipat ganda yang Allah berikan? Itu baru seribu sehari…

Dalam teori ekonomi yang berlaku umum, investasi (riil) yang meningkat akan meningkatkan supply dan meningkatkan pendapatan. Meningkatnya pendapatan tentunya akan meningkatkan demand. Adanya peningkatan supply dan juga peningkatan demand, maka inflasi tidak akan terjadi / atau kecil sekali. Dengan tidak terjadinya inflasi, maka nilai uang tidak berubah. TVoM tidak akan berlaku jika kita betul2 menjalankan perintah Allah.

Sekali lagi terbukti bahwa Islam adalah agama yang benar. Agama yang memang sesuai dengan fitrah manusia. Contoh di atas membuktikan bahwa dalam teori ekonomipun, Islam telah mengajarkan kepada kita sejak 1400tahun lampau.

Mari kita berdagang dengan Allah…

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dasar Islam KTP ...........


Seorang kawan pernah berteriak pada saya "....dasar Islam KTP!!!" apapun alasan dia mengeluarkan pernyataan seperti itu, rasanya tidak perlu saya bahas disini, malu :). Yang pasti saya hanya tersenyum, dan gawatnya...saya tidak sakit hati ataupun berusaha menyangkal, nah pertanyaannya gampang, apabila lontaran itu ditujukan kepada Anda, apa yang Anda rasakan ? tentunya ini sangatlah subjektif dan privasi sifatnya.

Saya tidak ingin membahas bagaimana berIslam yang kaffah disini, karena saya bukan seorang ahli agama, dan tujuan saya menulis artikel ini adalah sekedar membuka wacana dan sedikit menunjukkan fenomena apa yang terjadi di Indonesia tercinta ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Indonesian Survey Circle ada hal yang sangat menarik perhatian saya yakni, mengenai penerapan hukumIislam di Indonesia dan secara implisit menunjukkan bagaimana persepsi mayoritas muslim di Indonesia, yang mencapai 85 persen dari total jumlah penduduk Indonesia

Informasi tersebut menerangkan bahwa rata-rata 70 persen muslim Indonesia menolak penerapan hukum islam seperti hukuman potong tangan untuk pencuri, memakai jilbab untuk kaum hawa dan hukum rajam bagi para pezina. Entah disadari atau tidak, meskipun penelitian tersebut pantas dipertanyakan karena jumlah sampel yang kurang relatif kurang mewakili populasi Muslim, akan tetapi secara implisit angka tersebut menunjukkan penolakan terhadap penegakan hukum Islam, entah dalam konteks penerapan dalam lingkup negara ataupun dalam lingkup pribadi.

Sahabat saya pernah berkata, harus dibedakan antara Islam, orang Islam dan perilaku Islami, artinya apabila ada orang Islam tidak berperilaku Islami, kemudian kurang bijak jikalau lantas semena-mena menyalahkan Islam sebagai agama. Apabila kita coba mengkontekskan wacana tersebut ke dalam angka yang tertera diatas, apabila 70 persen orang menolak penerapan hukum Islam di Indonesia, apakah lantas kita menganggap Islam pantas dipertanyakan sebagai suatu Agama. Hati anda yang berhak menjawab.

Sekali lagi, saya hanya ingin memberikan wacana baru mengenai apa yang terjadi di negara kita, dan setalah membaca artikel ini, paling tidak kita semua telah mempunyai alasan yang kuat untuk memilih kuadran, kuadran 70 persen ataukah 30 persen. Tapi jangan lantas kuatir, ketika kita memilih kuadran 30 persen, bukan lantas kita berhak dicap sebagai Islam KTP, karena itu adalah hak Allah SWT semata.

data :

Penolakan terhadap

1. Hukum potong tangan untuk pencuri 77,3 persen

2. Pemakaian Jilbab untuk kaum Hawa 77.0 persen

3. Hukuman mati untuk kaum murtad 71.2 persen

4. Hukuman rajam untuk pezina 63.3 persen

Sumber : Indonesian Survey Circle
Metodologi : Interview
Jumlah Responden : 700 orang Indonesia dewasa
Standar Error : 3.8 persen

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Matematika Sedekah dari Ustadz Yusuf Mansur


Di usianya yang tergolong muda, kelahiran 19 Desember 1976, jadi usianya baru 30 tahun-an pada 2007 ini, sosok Ustad ini memang layak untuk dipanggil Ustad atau Guru dalam ilmu Islam. Ya, inilah Ustad Yusuf Mansur, masih muda usia, tetapi "pamor" dirinya sudah menasional, bahkan mungkin sudah "go international".
Saya memang baru mengenal dia, pada saat ikut ke dalam kelompok atau majelis taklim binaannya. Dan, di Surabaya katanya baru pertama kali digelar majelis taklim binaannya ini. Dan, beruntung saya bisa ikut hadir di sana. Pada saat itu, Ustad Yusuf Mansur memberikan uraian menarik mengenai "Shodaqoh" atau "Sedekah".
Meskipun saya sudah tahu mengenai Keagungan Al-Qur'an, yang memberikan gambaran kepada kita, bahwa dengan sedekah ini, kita bisa memperoleh ampunan Allah, menghapus dosa, dan menutup kesalahan serta keburukan. Sedekah bisa mendatangkan ridha Allah, juga bisa mendatangkan kasih sayang dan bantuan Allah. Tetapi, dengan penjelasan tentang sedekah ini, oleh Ustad Yusuf Mansur; benar-benar semakin membuka "mata-hati" saya, bahwa selama ini ternyata saya telah rugi besar, berkaitan dengan sedekah ini.
Ustad Yusuf Mansur memberikan ilustrasi yang sangat mudah dan "gamblang", bagaimana sebenarnya dan sebaiknya sistem sedekah ini bekerja. Ini sungguh luar biasa prima. Dengan tetap bergaya "anak muda", maka ustad ini menunjukkan sekaligus mengingatkan ke setiap orang yang hadir, bahwa Allah sendiri telah menjanjikan, jika manusia mau bersedekah, maka Allah pasti akan menggantinya dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) kali lipat. Dan, ini ada dasar hukumnya, yaitu tertulis di dalam Al-Qur'an Surat: 6, Ayat: 160, dimana Allah menjanjikan balasan 10 x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur'an Surat: 2, Ayat: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat.
Menurut ustad muda ini, dengan berpedoman pada Al-Qur'an tersebut, maka kita bisa membuat "hitung-hitungan" matematika, yang disebutnya sebagai MATEMATIKA DASAR SEDEKAH. Nah, inilah yang luar biasa prima itu. Matematika sedekah ini, sungguh sangat berbeda dengan ilmu matematika yang dulu pernah kita pelajari di sekolah...benar-benar berbeda.
Dia memberikan ilustrasinya sebagai berikut:
10 - 1 = 9 ... ini ilmu matematika yang biasa kita terima di sekolah dulu.
Tetapi ilmu Matematika Sedekah adalah sebagai berikut:
10 - 1 = 19 ... ini menggunakan dasar, bahwa Allah membalas 10 x lipat pemberian kita.
Sehingga kalau dilanjutkan, maka akan ketemu ilustrasi seperti berikut ini:
10 - 2 = 28
10 - 3 = 37
10 - 4 = 46
10 - 5 = 55
10 - 6 = 64
10 - 7 = 73
10 - 8 = 82
10 - 9 = 91
10 - 10 = 100
Nah, sungguh menarik bukan? Lihatlah hasil akhirnya. Kita tinggal mengalikan dengan angka 10, berapa pun yang kita sedekah kan atau kita berikan dengan ikhlas kepada orang lain yang membutuhkan bantuan kita. Dan, kita pakai acuan balasan dari Allah yang minimal saja, yaitu 10 x lipat, bukan yang 700 x lipat. Intinya: Semakin banyak bersedekah, maka pasti semakin banyak penggantiannya dari Allah SWT.
Tinggal kita yang mau membuka mata, bahwa pengembalian dari Allah itu bentuknya apa? Bukalah "mata hati" kita, selalu lah berpikir positif kepada Allah. Bukankah Allah berfirman, "Aku adalah sebagaimana yang diprasangkakan hamba-Ku kepada-Ku". Oleh karena itu, selalu lah berprasangka baik kepada Allah, maka Allah akan serta merta menunjukkan KeMaha Kebaikan-Nya kepada kita. Allah pasti membalas kebaikan kita dengan balasan yang PAS, yang setimpal dengan amal perbuatan kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

NOD32 portable


Bagi anda yg kesulitan untuk menginstall antivirus karena systemnya sudah di block sama virus, ada trik jitu dengan menggunakan antivirus portable. salah satunya adalah NOD32 portable bisa di download disini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Membabat habis Virus Autorun Yuyun


Akhir-akhir ini yang lagi trend adalah virus autorun.inf dan thumbs.db. Virus ini membuat banyak sekali shortcut di masing-masing folder berupa microsoft.lnk dan seterusnya. tak pelak lagi, komputer yang terkena virus ini akan menjadi lambat bin lemot.

Yuyun.vbs. Virus yang diciptakan menggunakan Visual Basic Script ini berukuran sekitar 9KB. Pada komputer terinfeksi ia akan membuat banyak sekali file duplikat di setiap folder yang ia temukan dengan nama file autorun.inf, Thumb.db, dalam kondisi ber-attribut hidden, dan sebuah shortcut dengan nama Microsoft. Jika shortcut tersebut diakses, dia memang akan menuju ke suatu folder, tapi dibalik itu virus tersebut juga akan aktif. File Thumb.db disini juga bukan merupakan file milik Windows, tapi melainkan file script virus. Pada komputer terinfeksi juga akan ditemukan sebuah file pesan virus pada direktori Temp user. Di direktori ini juga akan ditemukan file lain yakni script virus yang sudah dalam kondisi ter-decrypt. Karena perlu Anda ketahui bahwa virus ini memang hadir dalam kondisi ter-enkripsi.

Sebenarnya cara yang saya gunakan ini akan berlaku bagi segala jenis virus, sehingga anda dapat menangani virus-virus sederhana secara manual.

alat-alat

1. Total commander dapat didownload disini

Persiapan.

1. matikan autorun CD dan flash disk. caranya seperti ini

2. Mematikan wscript.exe.

wscript.exe adalah program window yang digunakan untuk menjalankan script. Agar virusnya tidak lagi aktif di memory, maka harus dimatikan dahulu. Caranya: tekan ctrl+alt+del untuk masuk TASK MANAGER, lalu cari wscrip.exe pada tab Processes , klik kanan kemudian pilih : End Process Tree dan tekan YES

3. buka total commander. di “configuration/option/display” centang “show hidden/system files”

4. buka drive flash disk anda, misal “e:/” lihat di root folder apakah ada file autorun.inf yang ada tanda seru berwarna merahnya

4. untuk memastikan autorun.inf anda adalah virus, maka lihat isinya. caranya . klik KANAN autorun.inf.

b. TEKAN ctrl+Q

c. lihat isi kolom sampingnya. bila ada tulisan thumb.db atau tulisan ngaco lainnya yang bukan milik anda “lain ceritanya kalau anda memang pembuat virus”, berarti itu virus.

Kalau nggak salah virus ini ada tulisannya “yuyun v.1″ atau “www.muslimah.or.id”

d. kalau ada virusnya berarti anda teruskan ke langkah 5. kalau nggak ya… selesai.

menghapus file buatan Yuyun (autorun.inf; thumb.db;*.lnk)

5. lakukan pencarian di “command/search” atau tekan Ctrl+F7

6. di kotak “search for” tulis “autorun.inf;thumb.db;*.lnk;database.mdb;*.tmp“. Pilih search in “local harddisk”. tambahkan juga drive flash disk anda bila perlu

7. centang “find text:” isi dengan “Wscript.exe //e:VBScript” INGAT!. ini harus diisi, sebab kalau tidak file penting anda akan HILANG

8. klik “start search”

9. setelah pencarian selesai.. klik “feed to listbook”

10.klik “Mark/select all” dan tekan F8

membersihkan registry

11. langkah terakhir adalah membersihkan registry. Buka registry dari start/run tulis: regedit. Kalau di disable, silahkan hidupkan dengan cara yang telah dijelaskan di bagian lain blog ini. Tekan CTRL+F untuk mencari kata “Wscript.exe //e:VBScript ”. Delete lah key yang ada tulisannya tersebut. dengan menekan tombol F3 sampai seluruh key yang mengandung kata tersebut habis.

Mendelete file-file buatan yuyun

File yang yuyun buat ada beberapa, yaitu :

1.


* %UserProfile%Local Settings/Temp/[Random].tmp
* %UserProfile%Local Settings/Temp/auto.exe
* %UserProfile%Local Settings/Temp/Yuyun.Q
* UNTUK KETIGA FILE TERSEBUT, DARIPADA SUSAH NYARI LEBIH BAIK DELETE SAJA SEMUA FILE DI FOLDER TEMP
* %UserProfile%My Documents/database.mdb
* DELETE FILE INI BILA TIDAK TERDETEKSI DI SEARCH SEBELUMNYA

* %Windir%:Microsoft Office Update for Windows XP.sys
* DELETE FILE INI DI C:/WINDOWS

* %UserProfile%Local Settings/Temp/v.doc
* FILE INI TIDAK BERBAHAYA, HANYA PESAN YANG DIBUAT OLEH PEMBUAT VIRUS

Sedangkan registry yang diganti, adalah seperti ini:

* HKEY_CURRENT_USER/Software/MicrosoftWindows/CurrentVersion/Run/ ”Explorer” = “Wscript.exe //e:VBScript “%UserProfile%My Documents/database.mdb”"
* HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWARE/MicrosoftWindows/
* CurrentVersion/Run/ “WinUpdate” = “Wscript.exe //e:VBScript “%Windir%:Microsoft Office Update for Windows XP.sys”"
* DELETE REGISTRY TERSEBUT
* HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystem “DisableRegistrytools” = 1
* ENABLEKAN REGISTRY DULU DENGAN CARA SEPERTI INI

Kalau nggak mau susah, ternyata McAfee update terbaru sudah mampu menanganinya secara otomatis. Saya menggunakan AVG dan masih belum mampu.
catatan :

* %userprofile% maksudnya di document and settings/username
* %windir% maksudnya c:/windows (atau di drive mana anda tempatkan folder windows)

Saya sarankan menggunakan Total Commander untuk membuka flashdisk dengan opsi “show hidden file” karena anda dapat dengan cepat mendeteksi adanya virus ini; yang ditandai dengan adanya tulisan autorun.inf dan thumb.db

Menghapus yuyun dari flashdisk

untuk menghapus yuyun dari flash disk, caranya lebih sederhana, karena yuyun hanya muncul sebagai file autorun.inf dan thumb.db dan *.lnk di setiap folder. Dengan demikian caranya sebagai berikut:

* Pastikan bahwa komputer anda sudah bebas virus, atau kalau mau membiarkan komputernya ditangani oleh orang lain, minimal virusnya tidak jalan di memori. Matikan wscrip.exe dari memori seperti langkah 2 diatas
* Lakukan prosedur 3 sampai 6, tapi di langkah 6, hanya tuliskan di “search for” - “autorun.inf;thumb.db;*.lnk”.
* kerjakan langkah 7-10.
* cek ulang dan selesai

Selamat, komputer anda bebas dari virus

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara setting POP3 gmail

OK, apa seh POP3? simpelnya.. dengan pop3 kita bisa membaca dan membalas email dengan email client (seperti, OUTLOOK, THUDERBIRD dll) dan yang penting kita bisa menyimpan semua surat masuk di komputer kita secara offline.

Ada 2 tahapan yang harus dilakukan:
1. Aktifkan POP/IMAP di email gmail Anda masing-masing
caranya: - login ke gmail Anda dengan email masing-masing
- pilih menu settings
-
pilih submenu Forwarding and POP/IMAP
- Pada pilihan POP Download:
pilih
Enable POP for mail that arrives from now on
- Pada pilihan IMAP Access:
pilih
Enable IMAP
- Tekan Save Changes

2. Setting email client Anda (contoh disini menggunakan OUTLOOK 2003)

  1. Buka Outlook.
  2. Klik menu Tools , dan pilih E-mail Accounts...
  3. Klik Add a new e-mail account, dan klik Next.
  4. Pilih POP3 sebagai tipe servernya, dan klik Next.
  5. isi beberapa informasi yang diperlukan:
User Information
  1. Your Name: masukan nama yang akan dimunculkan From: field of outgoing messages.
    Email Address: masukan alamat gmail lengkap Anda (username@gmail.com)

    Server Information
    Incoming mail server (POP3): pop.gmail.com
    Outgoing mail server (SMTP): smtp.gmail.com

    Login Information
    User Name: masukkan Gmail username (including @gmail.com)
    Password: ketik kata kunci Gmail


  2. Klik More Settings... dan klik tab Outgoing Server.
  3. Cek kotak My outgoing server (SMTP) requires authentication dan pilih Use same settings as my incoming mail server.


  4. Klik tab Advanced, dan cek kotak This server requires an encrypted connection (SSL) dibawah Incoming Server (POP3).


  5. Cek kotak This server requires an encrypted connection (SSL) dibawah Outgoing Server (SMTP), dan masukan 465 di kotak Outgoing server (SMTP).
  6. Klik OK.
  7. KlikTest Account Settings... setelah menerima Congratulations! All tests completed successfully, klik Close.
  8. Klik Next, dan klik Finish.
  9. Download the latest updates for Outlook from Microsoft. This will help prevent the most common Outlook errors Gmail users see.
That's it.... dan selamat mencoba..

mudah-mudahan bermanfaat

amiin...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Update Antivirus NOD

Ngomong soal antivirus hebat (efektif+efisien) q pribadi merekomendasikan ESET NOD32.

wis intinya allmost perfect lah. apalagi buat komputer P4 yang pas-pasan. komputerku P4 2.4 GHz DDR 768 MB, Chipset Intel 845GE, uda Grafic Cardnya OnBoard. pake Kaspersky loginnya berat/lemot (klo lupa dimatiin start up scannya) tambah lagi harus renew key (biasa sukanya pake bajakan). seumpama punya duwit lebih-lebih mungkin g gni kejadiannya. pake McAvee login cepet, tapi sering mis klo virus baru menyerang, padahal dah update lo. klo AVG q g pernah pake, soale… (eeem g suka aj) hehehe. Avira, mungkin lumayan (soalnya q g pernah make) kata temen-temen seh ‘lumayan’, tapi kalo pake yang free edition ati-ati jangan sampai expired.

Norton ???? wis jangan deh, klo spec komputermu ky punyaku… serem, malah g bisa ngerjain yang laen ntar, sibuk scan aj.

untuk antivirus lokal kaya Avast, Ansav, boleh aj dipake, buat bersihin virus-virus lokal. tapi inget, ati-ati lo, jangan-jangan program pentingmu ikut ilang. gara-garanya dipikir virus.

Setelah ku pikir-pikir, akhirnya aku pake Antivirus ESET NOD32 v.3 yang Smart Security. uda support ma Vista juga lo.

klo berminat download aja file trialnya di www.eset.com terserah mo pake ESET Smart Security ato ESET Anti Virus. keduanya andal, tapi buat yang suka konek internet+pake dalam workgroup LAN/Wifi (wis apa aja deh, yang penting klo komputermu terhubung dengan komputer laen) mending pake ESET Smart Security. di dalamnya terdapat firewall dan antispam.

klo mau g trial lagi uda banyak link-link laen yang nyediain. maap y q g bisa ngasih… kena cyber crime lagi ntar. tapi kamu bisa cari di google dengan kata “fix eset”

atau search aja di www.indowebster.com

saya pengguna baru ESET NOD32, trus bagaimana cara updatenya?

Sebenarnya sangat mudah untuk ng’update’ antivirus yang nurut aku paling keren, bin hebat, bin ringan, bin cepat, bin tepat, (weleh orang tuanya banyak banget!)

Update manual ESET NOD32

link di bawah ini menyediakan file-file update-annya

http://sus.cln.ru/eset/

download semua file dengan extention *.nup dan update.ver

masukkan semua file dalam 1 folder,

Setelah mendapatkan file-file tersebut

1. masuk main window ESET NOD32
2. tekan F5
3. masuk bagian Update
4. Pada bagian Update server Ada button Edit — klik
5. Ketikkan alamat folder update-an Anda misal C:\UpdateESET\
6. Add — klik
7. kemudian lakukan update di main window ESET NOD32nya pilih button Update -> update signature database
8. tunggu proses update selesai
9. saya sarankan untuk melakukan scan computer

Update Otomatis

tinggal hubungkan ke internet, klik update, tunggu proses download selesai. jangan lupa untuk menyetting Update Server menjadi “Choose Automatically”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

basmi virus “New Harry Potter” dan “Microsoft”

Komputer saya baru kena virus, efeknya di dalam setiap folder muncul folder shortcut dengan nama “New Harry Potter” dan “Microsoft”, sizenya 1 kb dan 5 kb. Saya scan dengan AVG 8 yang terupdate, virus terdeteksi dan bisa dihapus. Namun pada saat komputer restart ada efek lain dari virus ini yaitu muncul dua kotak dialog windows script host:

* loading script “C:\WINDOWS\:Microsoft Office Update for Windows XP.sys” failed (The filename, directory name, or volume label syntax is incorrect.).
* loading script “C:\Documents and Settings\compaq\My Documents\database.mdb” failed (Acces is denied.).

Saya tinggal tekan OK dua kotak dialog tersebut, maka komputer sudah bisa digunakan. Namun efek lain yang timbul adalah registry terkunci. Berbekal pencarian dari mbah gugel, saya mencoba tips untuk membuka registry. Dari beberapa cara yang saya coba semua tidak berhasil membuka blok regedit, eh malah ada masalah baru setiap kali membuka file aplikasi dan file lainnya muncul kotak dialog Open With. Hadoh…

Setelah tanya muter-muter sama mbah gugel, akhirnya ketemu juga solusi yang cespleng dari forum vaksin.com. Tips ini sudah saya coba, dan berhasil. Kotak dialog open with tidak muncul, dan registry sudah bisa dibuka.

Berikut ini caranya, salin script dibawah ini pada program “notepad” kemudian simpan dengan nama: repair.inf
Jalankan file tersebut dengan cara: Klik kanan repair.inf, Klik Install

[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=Vaksincom

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe “%1″”
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\SuperHidden, UncheckedValue,0×00010001,1

[del]
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableRegistryTools
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableTaskMgr
HKLM, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableRegistryTools
HKLM, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableTaskMgr
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NOFind
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NORun
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System,DisableRegistryTools
HKLM, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System,DisableRegistryTools
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer, DisableRegistryTools
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer,NoFolderOptions
HKLM, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer,NoFolderOptions
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\WinOldApp
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\Msconfig.exe
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\regedit.exe
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\cmd.exe
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\taskmgr.exe
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\cmd.exe
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\install.exe, debugger
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\regedit32.exe
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\RegistryEditor.exe
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\setup.exe, debugger

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Rahasia Fisioterapi Wudhu

Rukun shalat yang satu ini tentu tidak akan pernah kita lewatkan. Tentu tidak sah jika kita hendak mengerjakan shalat lima waktu tetapi meninggalkan yang satu ini…ya, apalagi kalau bukan wudhu.

Saya masih terkagum-kagum dengan perintah Allah SWT dengan pekerjaan remeh yang satu ini. Kenapa tidak?? Saya amat-amati bagaimana pola wudhu , lalu bagaimana tangan bersama dengan air menyentuh anggota-anggota tubuh. Kenapa wajah yang dibasuh? Kenapa mesti telinga?

Lama sekali direnungkan sampai saya bertemu dengan buku ini, tersibaklah sudah misteri yang menyelimuti wudhu. Setelah membaca ulasan ini saya yakin kita tidak akan menganggap enteng tentang apa arti perintah Wudhu

Dengan sedikit googling …saya menemukan ini! Banyak argumentasi yang semakin mendukung. Yuk kita buka satu-persatu misteri wudhu ini :

Setiap perintah Allah SWT tentu memiliki hikmah kebaikan dibaliknya. Bayangkan bahwa wudhu adalah ritual pengkondisian seluruh aspek hidup, mulai dari psikologis & fisiologis.

5 panca indera…kok kena semua tanpa terkecuali disapu oleh air wudhu. Mata, hidung, telinga & seluruh kulit tubuh. Ini betul-betul luar biasa.

membasuh muka sekaligus merangsang titik-titik syaraf pada wajahAhli syaraf/ neurologist pun telah membuktikan dengan air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung syaraf jari-jari tangan dan jari-jari kaki berguna untuk memantapkan konsentrasi pikiran.

Anda tentu pernah mendengar akupunktur kan? Coba cari tahu dimana saja letak titik-titik sensitif yang sering digunakan dalam ilmu akupunktur? Lalu kemudian amati pola wudhu. InsyaAllah anda akan segera menemukan benang merah diantara keduanya.

Coba bayangkan…

Pada anggota badan yang terkena perlakuan wudhu terdapat ratusan titik akupunktur yang bersifat reseptor terhadap stimulus berupa basuhan, gosokan, usapan, dan tekanan/urutan ketika melakukan wudhu. Stimulus tersebut akan dihantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ dan sistim organ yang bersifat terapi. Hal ini terjadi karena adanya sistem regulasi yaitu sistem syaraf dan hormon bekerja untuk mengadakan homeostasis (keseimbangan). Titik-titik akupunktur, suatu fenomena yang menarik bila dikorelasikan dengan kayfiyat wudhu yang disyari’atkan 15 abad yang lalu.

Setelah dihitung-hitung…ternyata terdapat 493 titik reseptor pada anggota wudhu!!

Anggota Wudhu(rukun dan sunat) JumlahTitik Akupunktur
Wajah 84
Tangan 95
Kepala 64
Telinga 125
Kaki 125
Jumlah 493

Subhanallah!! Bayangkan jika kita melakukan itu setiap hari paling sedikit 5 kali sehari…

Ternyata kita harus semakin teliti saat menjalani wudhu. Mengapa? Coba ingat-ingat saat kita membasuh telapak kaki & tangan…apakah sela-sela jari sering kita abaikan? Ternyata ada fakta menarik yang tidak boleh luput :

Satu diantaranya adalah ketika melakukan takhlil, diantara sela-sela jari tangan dan kaki terdapat masing-masing satu titik istimewa (Ba Sie pada sela-sela jari tangan & Ba Peng pada sela-sela jari kaki). Jadi, keseluruhannya terdapat 16 titik akupunktur. Berdasarkan riset fakar akupunktur, titik-titik tersebut apabila dirangsang dapat menstimulir bio energi (Chi) guna membangun homeostasis. Sehingga menghasilkan efek terapi yang memiliki multi indikasi, seperti untuk mengobati migren, sakit gigi, tangan-lengan merah, bengkak, dan jari jemari kaku.

Lain lagi tentang telinga…ternyata ada 30 hadist yang mendukung ini. BTW, saya pernah coba sebuah produk akupunktur yang menggunakan tenaga listrik. Lucu juga, karena alat ini disimpan di daun telinga. Dan ketika dialiri listrik rasanya seperti telinga ditusuk-tusuk. Saya semakin paham bahwa daun telinga, selain sebagai aksesoris, ternyata terkandung banyak sekali titik reseptor syaraf.

Makanya, saat menyapu telinga itu jangan cuma membasuh saja, tapi harus dengan pijatan juga. Ini namanya aurikulopressure alias pijat akupunktur telinga.

Subhanallah…luar biasa ternyata kandungan rahasia wudhu…

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Rahasia Dibalik Wudlu ( Aktifkan Titik-titik Biologis )

Wudlu adalah ritual penyucian yang mengutamakan unsur kesehatan. Bagian-bagian yang dibasuh merupakan .....
titiktitik penting peremajaan tubuh. Di lain pihak juga merupakan pintu masuk bagi ribuan kuman, virus, dan bakteri. Bagaimana wudlu menangkalnya? Stimulasi Titik Biologis Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Dr. Magomedov,asisten pada lembaga *General Hygiene and Ecology *(Kesehatan Umum dan Ekologi) di Daghestan State Medical Academy' dijelaskan bagaimana wudlu dapat menstimulasi/merangsang irama tubuh alami. Rangsangan ini muncul pada seluruh tubuh, khususnya pada area yang disebut Biological Active Spots (BASes) atau titiktitik aktif biologis. Menurut riset ini, BASes mirip dengan titik-titik refleksologi Cina. Bedanya, terang Dr. Magomedov, untuk menguasai titiktitik refleksi Cina dengan tuntas paling tidak dibutuhkan waktu 1520 tahun. Bandingkan dengan praktek wudlu yang sangat sederhana. Keutamaan lainnya, refleksologi hanya berfungsi menyembuhkan sedangkan wudlu sangat efektif mencegah masuknya bibit penyakit. Menurut peneliti yang juga menguasai ilmu refleksologi Cina ini, 61 dari 65 titik refleks Cina adalah bagian tubuh yang dibasuh air wudlu. Lima lainnya terletak antara tumit dan lutut, di mana bagian ini juga, merupakan area wudlu yang tidak diwajibkan. Sistem metabolisme tubuh manusia terhubung dengan jutaan syaraf yang ujungnya tersebar di sepanjang kulit. Guyuran air wudlu dalam konsep pengobatan modern adalah *hidromassage *alias pijat dengan memanfaatkan air sebagai media penyembuhan. Membasuh area wajah misalnya, pijatan air akan memberi efek positif pada usus, ginjal, dan sistem saraf maupun reproduksi. Membasuh kaki kiri berefek positif pada kelenjar pituitari, otak yang mengatur fungsi-fungsi kelenjar endokrin (kelenjar yang bertugas mengatur pengeluaran hormon dan mengendalikan pertumbuhan). Di telinga terdapat ratusan titik biologis yangakan menurunkan tekanan darah dan mengurangi sakit. Hancurkan Penyusup Dari sudut pandang pengobatan medis, Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers a Sport for the Body and Soul (Shalat: Olahraga untuk jasmani dan Rohani) menjelaskan bahwa wudlu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahanbahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Cara paling efektif mengenyahkan risiko ini adalah membersihkannya secara rutin. Berwudlu lima kali sehari adalah antisipasi yang lebih dari cukup. Menurut Salem, membasuh wajah meremajakan selsel kulit muka dan membantu mencegah munculnya keriput. Selain kulit, wudlu juga meremajakan selaput lendir yang menjadi gugus depan pertahanan tubuh. Peremajaan menjadi penting karena salah satu tugas utama lendir ibarat membawa contoh benda asing yang masuk kepada dua senjata pamungkas yang sudah dimiliki, manusia secara alami, yaitu limfosit T (sel T) dan limfosit B (sel B). Keduanya bersiaga di jaringan limfoid dan sistem getah bening dan mampu menghancurkan penyusup yang berniat buruk terhadap tubuh. Bayangkan jika fungsi mereka terganggu. Sebaliknya, wudlu meningkatkan daya kerja mereka. Pintu masuk lain yang tak kalah penting adalah lubang hidung. Dalam wudlu disunatkan menghirup air dari hidung dan dikeluarkan lewat mulut. Cara ini adalah penangkal efektif ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), TBC, dan kanker n.asofaring secara dini. Seorang muslim disarankan mengambil air wudlu tak hanya ketika akan salat, tetapi juga di waktu yang lain. Misalnya saat hendak membaca Alquran, setelah ziarah ke makam, setelah menyentuh jenazah, berangkat tidur atau akan azan. Selain fungsifungsi fisiologis, wudlu juga efektif mengendalikan emosi. Setiap kali merasa ingin marah, seorang muslim disarankan untuk mengm ambil air wudlu untuk mendinginkan dan menyejukkan hati. Apa pun yang telah diperintahkan oleh Allah tentu memberi banyak manfaat dan solusi tanpa meninggalkan resiko. "Banyak yang mendengar tapi sedikit yang terpanggil, dan diantara yang terpanggil sedikit pula yang terpilih" Dikutip dari http://apayaaaa.blogspot.com/2008/04/wudlu-aktifkan-titik-titik-biologis.html

Nih sebuah artikel yang menurut aku PENTING tapi banyak orang yang gamau tau, Silahkan membacanya dengan hati yang ikhlas. Selamat Membaca..

Wudlu adalah ritual penyucian yang mengutamakan unsur kesehatan. Bagian-bagian yang dibasuh merupakan .....
titiktitik penting peremajaan tubuh. Di lain pihak juga merupakan pintu masuk bagi ribuan kuman, virus, dan bakteri. Bagaimana wudlu menangkalnya? Stimulasi Titik Biologis Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Dr. Magomedov,asisten pada lembaga *General Hygiene and Ecology *(Kesehatan Umum dan Ekologi) di Daghestan State Medical Academy' dijelaskan bagaimana wudlu dapat menstimulasi/merangsang irama tubuh alami. Rangsangan ini muncul pada seluruh tubuh, khususnya pada area yang disebut Biological Active Spots (BASes) atau titiktitik aktif biologis. Menurut riset ini, BASes mirip dengan titik-titik refleksologi Cina. Bedanya, terang Dr. Magomedov, untuk menguasai titiktitik refleksi Cina dengan tuntas paling tidak dibutuhkan waktu 1520 tahun. Bandingkan dengan praktek wudlu yang sangat sederhana. Keutamaan lainnya, refleksologi hanya berfungsi menyembuhkan sedangkan wudlu sangat efektif mencegah masuknya bibit penyakit. Menurut peneliti yang juga menguasai ilmu refleksologi Cina ini, 61 dari 65 titik refleks Cina adalah bagian tubuh yang dibasuh air wudlu. Lima lainnya terletak antara tumit dan lutut, di mana bagian ini juga, merupakan area wudlu yang tidak diwajibkan. Sistem metabolisme tubuh manusia terhubung dengan jutaan syaraf yang ujungnya tersebar di sepanjang kulit. Guyuran air wudlu dalam konsep pengobatan modern adalah *hidromassage *alias pijat dengan memanfaatkan air sebagai media penyembuhan. Membasuh area wajah misalnya, pijatan air akan memberi efek positif pada usus, ginjal, dan sistem saraf maupun reproduksi. Membasuh kaki kiri berefek positif pada kelenjar pituitari, otak yang mengatur fungsi-fungsi kelenjar endokrin (kelenjar yang bertugas mengatur pengeluaran hormon dan mengendalikan pertumbuhan). Di telinga terdapat ratusan titik biologis yangakan menurunkan tekanan darah dan mengurangi sakit. Hancurkan Penyusup Dari sudut pandang pengobatan medis, Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers a Sport for the Body and Soul (Shalat: Olahraga untuk jasmani dan Rohani) menjelaskan bahwa wudlu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahanbahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Cara paling efektif mengenyahkan risiko ini adalah membersihkannya secara rutin. Berwudlu lima kali sehari adalah antisipasi yang lebih dari cukup. Menurut Salem, membasuh wajah meremajakan selsel kulit muka dan membantu mencegah munculnya keriput. Selain kulit, wudlu juga meremajakan selaput lendir yang menjadi gugus depan pertahanan tubuh. Peremajaan menjadi penting karena salah satu tugas utama lendir ibarat membawa contoh benda asing yang masuk kepada dua senjata pamungkas yang sudah dimiliki, manusia secara alami, yaitu limfosit T (sel T) dan limfosit B (sel B). Keduanya bersiaga di jaringan limfoid dan sistem getah bening dan mampu menghancurkan penyusup yang berniat buruk terhadap tubuh. Bayangkan jika fungsi mereka terganggu. Sebaliknya, wudlu meningkatkan daya kerja mereka. Pintu masuk lain yang tak kalah penting adalah lubang hidung. Dalam wudlu disunatkan menghirup air dari hidung dan dikeluarkan lewat mulut. Cara ini adalah penangkal efektif ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), TBC, dan kanker n.asofaring secara dini. Seorang muslim disarankan mengambil air wudlu tak hanya ketika akan salat, tetapi juga di waktu yang lain. Misalnya saat hendak membaca Alquran, setelah ziarah ke makam, setelah menyentuh jenazah, berangkat tidur atau akan azan. Selain fungsifungsi fisiologis, wudlu juga efektif mengendalikan emosi. Setiap kali merasa ingin marah, seorang muslim disarankan untuk mengm ambil air wudlu untuk mendinginkan dan menyejukkan hati. Apa pun yang telah diperintahkan oleh Allah tentu memberi banyak manfaat dan solusi tanpa meninggalkan resiko. "Banyak yang mendengar tapi sedikit yang terpanggil, dan diantara yang terpanggil sedikit pula yang terpilih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Air pun Hidup

Para ahli mengungkapkan bahwa manusia tak akan bertahan hidupnya bila tidak mampu memelihara harmoni dan jejaring kehidupan, termasuk dengan lingkungan alamnya. Manusia pasti akan kalah jika memusuhi alam. Itulah sebabnya, bumi ini disebut "ibu" (mother earth), karena bumilah yang senantiasa mengasuh dan menopang seluruh kebutuhan manusia. Berbagai penelitian ilmiah mutakhir menunjukkan temuan-temuan baru bahwa semua benda yang selama ini kita anggap "bisu dan mati" ternyata memiliki "jiwa" dan bereaksi terhadap sikap manusia.


Jika sekelompok bangsa atau masyarakat menaruh kasih terhadap air, misalnya, air akan membalas cinta kasih manusia. Karena air menjadi sumber kehidupan paling penting. Hakikatnya lembut, namun kekuatan yang dikandungnya luar biasa. Air yang diam di sebuah telaga bisa menghanyutkan apa saja. Air menyatukan berbagai bahan bangunan dari unsur keras sehingga membentuk dinding yang kokoh. Air laut bisa berubah menjadi tsunami dahsyat yang mampu meluluhlantakkan sebuah wilayah.


Melalui buku The Secret Life of Water, Masaru Emoto, peneliti dari Jepang, berhasil mengungkapkan misteri air lebih mendalam. Dalam buku ini Masaru membuktikan bahwa air adalah bagian dari mahluk hidup. Menurut dia, air itu hidup. Air, layaknya manusia, juga bisa mendengar, melihat, merasakan, dan merespons setiap informasi yang kita berikan kepadanya. Masaru Emoto telah membuktikan bahwa air yang diberi respons positif, termasuk doa, akan menghasilkan bentuk kristal yang indah. Jika respons yang diberikan negatif, air tidak akan dapat membentuk kristal.


Selain itu, Masaru juga menemukan efek gelombang energi yang disebut hado. Dari hado inilah kemudian Masaru menemukan sebuah cara pengobatan alternatif yang sungguh mencengangkan dunia medis. Dengan hado dia bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hado adalah energi alam semesta yang ada di balik semua benda. Dalam konsep lain hado sama dengan chi, ki, prana, atau life force yang dikenal dalam setiap kebudayaan yang ada di dunia ini. Dan air sangat sensitif terhadap bentuk energi ini.


Bentuk energi yang sulit dilihat inilah yang dapat mempengaruhi kualitas air dan kristal air yang terbentuk. Pada bukunya yang pertama berjudul, The Hidden Messages in Water, kata hado diartikan sebagai "fluktuasi gelombang". Sedangkan dalam bukunya kali ini kata hado berarti semua energi yang sulit dilihat yang ada di alam semesta. Menurut dia, semua benda yang ada di dunia ini mempunyai gelombang atau hado. Energi ini bisa berbentuk positif atau negatif, dan mudah dipindahkan dari satu benda ke benda lain (hlm. 25).


Setiap benda mempunyai gelombang intrinsik tersendiri. Benda yang dimaksud di sini adalah semua materi atom yang membentuk molekul dan partikel sub-atom yang membentuk atom. Dengan kata lain, setiap partikel sub-atom mempunyai gelombang intrinsik tersendiri. Pikiran dan tubuh kita dipengaruhi oleh gelombang intrinsik benda lain yang kita gunakan untuk membentuk resonansi. Dalam hubungan antar-manusia, kerapkali kita mengatakan bahwa kita tidak cocok dengan seseorang. Sebenarnya hal ini ada kaitannya dengan gelombang dan resonansi yang mempengaruhi tubuh kita.


Keberhasilan Masaru ini tidak lepas dari peranan sahabatnya, Kazuya Ishibashi, seorang ahli observasi penggunaan mikroskop. Atas ketelatenan dan kesabaran yang sungguh luar biasa dari Ishibashi inilah akhirnya gambar-gambar kristal air dapat diambil untuk pertama kalinya pada 1994. Gambar kristal air itu adalah gambar pertama yang dapat dihasilkan oleh manusia sepanjang sejarah keberadaan manusia di bumi.


Setelah berhasil mengambil gambar kristal air, pada 1999 Masaru Emoto memutuskan untuk mempublikasikan foto-foto kristal air tersebut ke dalam sebuah buku yang berjudul Messages from Water. Seperti yang diperkirakan sebelumnya buku itu menarik perhatian publik baik dalam dan luar negeri.


Setelah itu hampir semua negara di dunia ini mengundang Masaru untuk memberikan seminar tentang penemuannya itu. Setiap kali kunjungannya ke negara yang mengundangnya Masaru selalu menyempatkan untuk mengambil sampel air. Ternyata contoh air yang diambil dari kran tiap-tiap negara memiliki bentuk kristal yang berbeda-beda. Bahkan banyak yang tidak dapat membentuk kristal. Hal inilah yang makin memperkuat keyakinan Masaru bahwa air memang akan membentuk kristal sesuai dengan informasi yang ia terima. Masaru menegaskan bahwa air yang berasal dari kuil atau tempat ibadah cenderung memiliki bentuk kristal yang indah setelah acara pembacaan doa.


Buku ini sungguh luar biasa. Setelah jutaan tahun lamanya manusia akhirnya berhasil menyingkap rahasia Illahi. Selain gambar kristal, cara pembuatan air hado, buku ini juga menjelaskan bagaimana keberhasilan pengobatan ala air hado. Banyak jiwa telah terselamatkan dengan penemuan ini. Air akan menghargai kita jika kita menghargainya.


Riset Masaru secara visual menangkap struktur air pada saat membeku, dan dengan teknik fotografi kecepatan tinggi ia menunjukkan akibat langsung dari pikiran destruktif, pikiran cinta, juga apresiasi terhadap pembentukan kristal air. Pengungkapan bahwa pikiran dapat memengaruhi air berdampak sangat besar bagi kesehatan serta kesejahteraan planet kita.


Akhirnya, buku yang merupakan hasil penelitian bertahun-tahun ini dituangkan dalam lima bab. Selain hal di atas, Masaru juga memaparkan bahwa air bisa juga digunakan sebagai alat monitor terhadap perubahan yang terjadi di suatu wilayah yang jauh dari tempat air berada. Ini disebabkan karena mereka saling berkomunikasi melalui getaran yang dipancarkannya. Selain memaparkan perjalanan air di planet ini dan mengungkap rahasia kehidupan air, buku ini juga menunjukkan bagaimana cara kita menerapkan kebijaksanaan air dalam hidup kita sehari-hari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sumur Zam Zam dan Fakta Dibaliknya

Selama ini kita mengenal sumur Zamzam dari buku-buku agama. Namun sebenarnya ada sisi ilmiah saintifiknya juga looh. Cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang air adalah hydrogeologi.

Sumur Zamzam

Khasiat air Zam-zam tentunya bukan disini yang mesti menjelaskan, tapi kalau dongengan geologi sumur Zam-zam mungkin bisa dijelaskan disini. Sedikit cerita Pra-Islam, atau sebelum kelahiran Nabi Muhammad, diawali dengan kisah Isteri dari Nabi Ibrahim, Siti Hajar, yang mencari air untuk anaknya yang cerita. Sumur ini kemudian tidak banyak atau bahkan tidak ada ceritanya, sehingga sumur ini dikabarkan hilang.

Sumur Zam-zam yang sekarang ini kita lihat adalah sumur yang digali oleh Abdul Muthalib kakeknya Nabi Muhammad. Sehingga saat ini, dari “ilmu persumuran” maka sumur Zam-zam termasuk kategori sumur gali (Dug Water Well).

Dimensi dan Profil Sumur Zam-zam

Bentuk sumur Zam-zam dapat dilihat dibawah ini.

Bentuk sumur Zam-zam

Sumur ini memiliki kedalaman sekitar 30.5 meter. Hingga kedalaman 13.5 meter teratas menembus lapisan alluvium Wadi Ibrahim. Lapisan ini merupakan lapisan pasir yang sangat berpori. Lapisan ini berisi batupasir hasil transportasi dari lain tempat. Mungkin saja dahulu ada lembah yang dialiri sungai yang saat ini sudah kering. Atau dapat pula merupakan dataran rendah hasil runtuhan atau penumpukan hasil pelapukan batuan yang lebih tinggi topografinya.

Mata air zamzam

Dibawah lapisan alluvial Wadi Ibrahim ini terdapat setengah meter (0.5 m) lapisan yang sangat lulus air (permeable). Lapisan yang sangat lulus air inilah yang merupakan tempat utama keluarnya air-air di sumur Zam-zam.

Mata air zamzam

Kedalaman 17 meter kebawah selanjutnya, sumur ini menembus lapisan batuan keras yang berupa batuan beku Diorit. Batuan beku jenis ini (Diorit) memang agak jarang dijumpai di Indonesia atau di Jawa, tetapi sangat banyak dijumpai di Jazirah Arab. Pada bagian atas batuan ini dijumpai rekahan-rekahan yang juga memiliki kandungan air. Dulu ada yang menduga retakan ini menuju laut Merah. Tetapi tidak ada (barangkali saja saya belum menemukan) laporan geologi yang menunjukkan hal itu.

Dari uji pemompaan sumur ini mampu mengalirkan air sebesar 11 - 18.5 liter/detik, hingga permenit dapat mencapai 660 liter/menit atau 40 000 liter per jam. Celah-celah atau rekahan ini salah satu yang mengeluarkan air cukup banyak. Ada celah (rekahan) yang memanjang kearah hajar Aswad dengan panjang 75 cm denga ketinggian 30 cm, juga beberapa celah kecil kearah Shaffa dan Marwa.

Keterangan geometris lainnya, celah sumur dibawah tempat Thawaf 1.56 m, kedalaman total dari bibir sumur 30 m, kedalaman air dari bibir sumur = 4 m, kedalaman mata air 13 m, Dari mata air sampai dasar sumur 17 m, dan diameter sumur berkisar antara 1.46 hingga 2.66 meter.

Air hujan sebagai sumber berkah

Air hujan sebagai sumber berkah

Kota Makkah terletak di lembah, menurut SGS (Saudi Geological Survey) luas cekungan yang mensuplai sebagai daerah tangkapan ini seluas 60 Km2 saja, tentunya tidak terlampau luas sebagai sebuah cekungan penadah hujan. Sumber air Sumur Zam-zam terutama dari air hujan yang turun di daerah sekitar Makkah.

Sumur ini secara hydrologi hanyalah sumur biasa sehingga sangat memerlukan perawatan. Perawatan sumur ini termasuk menjaga kualitas higienis air dan lingkungan sumur serta menjaga pasokan air supaya mampu memenuhi kebutuhan para jamaah **** di Makkah. Pembukaan lahan untuk pemukiman di seputar Makkah sangat ditata rapi untuk menghindari berkurangnya kapasitas sumur ini.

lokasi sumur Zamzam

Gambar diatas ini memperlihatkan lokasi sumur Zamzam yang terletak ditengah lembah yang memanjang. Masjidil haram berada di bagian tengah diantara perbukitan-perbukitan disekitarnya. Luas area tangkapan yang hanya 60 Km persegi ini tentunya cukup kecil untuk menangkap air hujan yang sangat langka terjadi di Makkah, sehingga memerlukan pengawasan dan pemeliharaan yang sangat khusus.

Sumur Zamzam ini, sekali lagi dalam pandangan (ilmiah) hidrogeologi , hanyalah seperti sumur gali biasa. Tidak terlalu istimewa dibanding sumur-sumur gali lainnya. Namun karena sumur ini bermakna religi, maka perlu dijaga. Banyak yang menaruh harapan pada air sumur ini karena sumur ini dipercaya membawa berkah. Ada yang menyatakan sumur ini juga bisa kering kalau tidak dijaga. Bahkan kalau kita tahu kisahnya sumur ini diketemukan kembali oleh Abdul Muthalib (kakeknya Nabi Muhammad SAW) setelah hilang terkubur 4000 tahun (?).

Dahulu diatas sumur ini terdapat sebuah bangunan dengan luas 8.3 m x 10.7 m = 88.8 m2. Antara tahun 1381-1388 H bangunan ini ditiadakan untuk memperluas tempat thawaf. Sehingga tempat untuk meminum air zamzam dipindahkan ke ruang bawah tanah. Dibawah tanah ini disediakan tempat minum air zam-zam dengan sejumlah 350 kran air (220 kran untuk laki-laki dan 130 kran untuk perempuan), ruang masuk laki perempuan-pun dipisahkan.

Monitoring dan pemeliharaan sumur Zamzam

Saat ini bangunan diatas sumur Zam-Zam yang terlihat gambar diatas itu sudah tidak ada lagi, bahkan tempat masuk ke ruang bawah tanah inipun sudah ditutup. Sehingga ruang untuk melakukan ibadah Thawaf menjadi lebih luas. Tetapi kalau anda jeli pas Thawaf masih dapat kita lihat ada tanda dimana sumur itu berada. Sumur itu terletak kira-kira 20 meter sebelah timur dari Ka’bah.

Monitoring dan pemeliharaan sumur Zamzam

Jumlah jamaah ke Makkah tiga puluh tahun lalu hanya 400 000 pertahun (ditahun 1970-an), terus meningkat menjadi lebih dari sejuta jamaah pertahun di tahun 1990-an, Dan saat ini sudah lebih dari 2.2 juta. Tentunya diperlukan pemeliharaan sumur ini yang merupakan salah satu keajaiban dan daya tarik tersendiri bagi jamaah haji.

Pemerintah Saudi tentunya tidak dapat diam pasrah saja membiarkan sumur ini dipelihara oleh Allah melalui proses alamiah. Namun pemerintah Arab Saudi yang sudah moderen saat ini secara ilmiah dan saintifik membentuk sebuah badan khusus yang mengurusi sumur Zamzam ini. Sepertinya memang Arab Saudi juga bukan sekedar percaya saja dengan menyerahkan ke Allah sebagai penjaga, namun justru sangat meyakini manusialah yang harus memelihara berkah sumur ini.

Sistem Pompa

Pada tahun 1971 dilakukan penelitian (riset) hidrologi oleh seorang ahli hidrologi dari Pakistan bernama Tariq Hussain and Moin Uddin Ahmed. Hal ini dipicu oleh pernyataan seorang doktor di Mesir yang menyatakan air Zamzam tercemar air limbah dan berbahaya untuk dikonsumsi. Tariq Hussain (termasuk saya dari sisi hidrogeologi) juga meragukan spekulasi adanya rekahan panjang yang menghubungkan laut merah dengan Sumur Zam-zam, karena Makkah terletak 75 Kilometer dari pinggir pantai. Menyangkut dugaan doktor mesir ini, tentusaja hasilnya menyangkal pernyataan seorang doktor dari Mesir tersebut, tetapi ada hal yang lebih penting menurut saya yaitu penelitian Tariq Hussain ini justru akhirnya memacu pemerintah Arab Saudi untuk memperhatikan Sumur Zamzam secara moderen. Saat ini banyak sekali gedung-gedung baru yang dibangun disekitar Masjidil Haram, juga banyak sekali terowongan dibangun disekitar Makkah, sehingga saat ini pembangunannya harus benar-benar dikontrol ketat karena akan mempengaruhi kondisi hidrogeologi setempat.

Badan Riset sumur Zamzam yang berada dibawah SGS
(Saudi Geological Survey) bertugas untuk:

  • Memonitor dan memelihara untuk menjaga jangan sampai sumur ini kering.
  • Menjaga urban disekitar Wadi Ibrahim karena mempengaruhi pengisian air.
  • Mengatur aliran air dari daerah tangkapan air (recharge area).
  • Memelihara pergerakan air tanah dan juga menjaga kualitas melalui bangunan kontrol.
  • Meng-upgrade pompa dan dan tangki-tangki penadah.
  • Mengoptimasi supplai dan distribusi airZam-zam

Perkembangan perawatan sumur Zamzam.
Dahulu kala, zamzam diambil dengan gayung atau timba, namun kemudian dibangunlah pompa air pada tahun 1373 H/1953 M. Pompa ini menyalurkan air dari sumur ke bak penampungan air, dan diantaranya juga ke kran-kran yang ada di sekitar sumur zamzam.

Uji pompa (pumping test) telah dilakukan pada sumur ini, pada pemompaan 8000 liters/detik selama lebih dari 24 jam memperlihatkan permukaan air sumur dari 3.23 meters dibawah permukaan menjadi 12.72 meters dan kemudian hingga 13.39 meters. Setelah itu pemompaan dihentikan permukaan air ini kembali ke 3.9 meters dibawah permukaan sumur hanya dalam waktu 11 minut setelah pompa dihentikan. Sehingga dipercaya dengan mudah bahwa akifer yang mensuplai air ini berasal dari beberapa celah (rekahan) pada perbukitan disekitar Makkah.

Banyak hal yang sudah dikerjakan pemerintah Saudi untuk memelihara Sumur ini antara lain dengan membentuk badan khusus pada tahun 1415 H (1994). dan saat ini telah membangun saluran untuk menyalurkan air Zam-zam ke tangki penampungan yang berkapasitas 15.000 m3, bersambung dengan tangki lain di bagian atas Masjidil Haram guna melayani para pejalan kaki dan musafir. Selain itu air Zam-zam juga diangkut ke tempat-tempat lain menggunakan truk tangki diantaranya ke Masjidil Nabawi di Madinah Al-Munawarrah.

Saat ini sumur ini dilengkapi juga dengan pompa listrik yang tertanam dibawah (electric submersible pump). Kita hanya dapat melihat foto-fotonya saja seperti diatas. Disebelah kanan ini adalah drum hidrograf, alat perekaman perekaman ketinggian muka air sumur Zamzam (Old style drum hydrograph used for recording levels in the Zamzam Well).

Kandungan mineral
Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam in memang unik mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandng dalam air Zamzam dapat dikelompokkan menjadi
Yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).

Molekul air zam zam

Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS