RSS

Instalasi phpMyAdmin pada Ubuntu server 9.10

Apa itu phpMyAdmin ?

phpMyAdmin adalah perangkat lunak gratis yang ditulis dalam PHP dimaksudkan untuk menangani administrasi MySQL melalui World Wide Web. phpMyAdmin mendukung berbagai operasi dengan MySQL. Yang paling sering digunakan operasi yang didukung oleh user interface (mengelola database, tabel, ladang, hubungan, indeks, pengguna, perizinan, dll), sementara Anda masih memiliki kemampuan untuk secara langsung mengeksekusi pernyataan SQL.

Installasi pada server ubuntu 9.10

Pada artikel sebelumnya saya sudah paparkan langkah instalasi Apache, MySql dan PHP. dan saya anggap proses instalasi sudah berjalan lancar. langsung saja saya akan paparkan langkah-langkah untuk meng-instal phpMyAdmin.

Instal paket phpMyAdmin dengan perintah :

$ sudo aptitude install phpmyadmin

Setelah beberapa saat akan muncul pertanyaan. Jawablah pertanyaan tersebut dengan menekan tombol “y” dan tekan tombol “ENTER”.

Do you want to continue? [Y/n/?] y

ditengah-tengah proses instalasi akan tampil beberapa dialog konfigurasi seperti dibawah ini :

Pada dialog ini anda akan ditanyakan tentang aplikasi webserver yang anda gunakan. pilih aplikasi webserver dengan menggunakan panah atas dan bawah pada keyboard, lalu tekan tombol Spasi untuk memilih dan dilanjutkan dengan menekan tombol Enter.

Pada dialog konfirmasi ini anada akan di tanyakan apakah anda ingin meng-konfigurasi database yang akan di integrasikan melalui aplikasi dbconfig-common. saya sarankan untuk memilih opsi untuk keamanan database mysql anda dilanjutkan dengan menekan tombol Enter. Tunggu sampai instalasi selesai.

Setelah proses instalasi selesai, buka browser web anda dan tujukan ke http://www.server-web-anda.com/phpmyadmin dan masuklah dengan akun user root dan password root anda.

Selamat mencoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar