RSS

Setup Web Server di Ubuntu

web server ubuntu (300 x 119)

Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang sangat populer dan banyak dipakai untuk komputer desktop. Akan tetapi sayangnya distro ini defaultnya tidak menyertakan paket web server di dalamnya. Kita harus melakukan instalasi secara manual dari server repositori Ubuntu jika ingin memakai web server di komputer tersebut. Masalahnya, proses instalasi tersebut mengharuskan user untuk terhubung secara online dengan jaringan Internet. Lalu bagaimana solusinya?

Cara yang cukup praktis yaitu dengan menggunakan paket instaler yang disediakan oleh pihak ketiga. Instalasi dengan cara ini sangat direkomendasikan apabila Anda seorang pemula dan ingin belajar pemrograman web di Linux dengan Apache, MySQL dan PHP. Nah, salah satu paket instaler yang layak Anda coba adalah XAMPP yang bisa Anda download secara gratis di situs berikut ini.

Paket instaler ini berisi bermacam-macam software untuk keperluan web development yang mencakup web server Apache, database MySQL, PHP, Perl dan PHPMyAdmin. Dengan paket instaler ini, Anda bisa membuat web server pribadi di Ubuntu dengan mudah dan cepat.

Instalasi

Silakan download terlebih dahulu versi terbaru dari paket instaler XAMPP untuk Linux di situs berikut ini. Simpan file yang telah Anda download tersebut di home directory Anda, misalnya /home/wahyu. Selanjutnya ekstrak paket instaler tersebut dengan cara sebagai berikut:

Langkah 1.

Buka program Terminal (Applications – Accessories – Terminal) dan masuk ke direktori home Anda, tempat dimana file tersebut tersimpan. Ekstrak paket instaler ke folder /opt dengan perintah sudo.

sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.3a.tar.gz -C /opt

Anda akan ditanya password untuk menjalankan perintah tersebut. Ketikkan password yang Anda pakai untuk login ke Ubuntu dan tekan tombol Enter. Selanjutnya tunggu hingga proses ekstrak tersebut selesai.

Langkah 2.

Tambahkan menu XAMPP Control Panel dengan mengetikkan perintah berikut ini:

gedit ~/.local/share/applications/xampp-control-panel.desktop

Setelah muncul editor Gedit, ketikkan kode berikut ini.

[Desktop Entry]
Comment=Start/Stop XAMPP
Name=XAMPP Control Panel
Exec=gksudo "python /opt/lampp/share/xampp-control-panel/xampp-control-panel.py"
Icon[en_CA]=/usr/share/icons/Tango/scalable/devices/network-wired.svg
Encoding=UTF-8
Terminal=false
Name[en_CA]=XAMPP Control Panel
Comment[en_CA]=Start/Stop XAMPP
Type=Application
Icon=/usr/share/icons/Tango/scalable/devices/network-wired.svg

Simpan file tersebut dan tutup editor Gedit. Nah, sekarang Anda akan menemukan sebuah menu baru yaitu XAMPP Control Panel jika Anda mengklik daftar menu Applications – Other (Ubuntu 9.10 Karmic Koala).

Start/Stop Server

xampp control panel

Untuk menjalankan atau menghentikan server XAMPP yang telah terinstal di komputer Anda secara manual caranya yaitu sebagai berikut:

  • Klik menu Applications – Other – XAMPP Control Panel.
  • Setelah muncul kotak dialog XAMPP Control Panel, Anda bisa menjalankan atau menghentikan software dalam paket XAMPP dengan mengklik tombol Start XAMPP atau Stop XAMPP pada kotak dialog tersebut.
  • Buka program web browser (misalnya Firefox) dan ketikkan http://localhost pada kotak URL Address dan tekan tombol Enter. Jika muncul tampilan logo XAMPP berarti proses instalasi berhasil.

Selain dengan cara manual, Anda juga bisa menjalankan paket software XAMPP secara otomatis setiap kali komputer melakukan booting. Caranya yaitu buka program Terminal (Applications – Accessories – Terminal) dan ketikkan perintah sebagai berikut:

sudo ln -s /opt/lampp/lampp /etc/init.d/lampp
sudo update-rc.d lampp defaults

Nah, sekarang XAMPP secara otomatis akan dijalankan setiap kali komputer booting.

Mengatur Lokasi File/Direktori Kerja

XAMPP default-nya menggunakan folder /opt/lampp/htdocs sebagai Root Directory. Itu artinya Anda harus menyimpan dokumen web yang Anda buat pada direktori tersebut agar bisa diakses melalui web browser. Namun demikian, cara ini kurang praktis karena mau nggak mau Anda harus login sebagai superuser agar bisa menyimpan file pada folder tersebut.

Cara lain yang lebih praktis yaitu dengan membuat sebuah folder pada home directory Anda dengan nama public_html dan menyimpan file-file web yang Anda buat pada folder tersebut. Lalu selanjutnya agar file-file pada folder public_html tersebut bisa diakses dengan web browser, Anda harus menambahkan symbolic link pada Root Directory Apache. Dengan cara seperti ini Anda tidak perlu lagi login sebagai superuser dalam mengedit file web.

Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

Langkah 1.

Buka program Terminal (Applications – Accessories – Terminal) lalu buat folder public_html di home directory Anda.

mkdir ~/public_html

Langkan 2.

Tambahkan symbolic link pada folder /opt/lampp/htdocs

sudo ln -s ~/public_html /opt/lampp/htdocs/$USER

Agar folder public_html tersebut dapat diakses oleh semua orang, izin aksesnya harus diubah menjadi 755, jadi jalankan perintah:

cd
chmod 755 public_html

Home directory Anda (misalnya account Anda adalah wahyu) juga harus boleh dimasuki oleh sembarang orang, tetapi isinya dan file-file yang ada di dalamnya tidak boleh sama sekali dilihat apalagi dibaca dan dimodifikasi. Oleh karena itu jalankan perintah:

cd ..
chmod 711 wahyu

Nah, sekarang file-file dan folder yang Anda letakkan di public_html bisa diakses menggunakan web browser dengan alamat http://localhost/wahyu. Sebagai contoh buat file percobaan.php di folder public_html untuk mengetes apakah setting yang Anda buat sudah benar atau belum.

Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

Buka editor Gedit (Applications – Accessories – gedit Text Editor) dan ketikkan kode seperti contoh di bawah ini:

echo 'Ini hanya contoh saja';

Simpan file tersebut di folder public_html dengan nama percobaan.php. Buka web browser dan ketikkan http://localhost/wahyu/percobaan.php. Jika Anda bisa melihat tampilan web browser dengan tulisan “Ini hanya contoh saja” berarti setting yang Anda buat sudah benar.

sumber

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar